Masa hamil merupakan masa dimana kadang penyakit yang tidak pernah dialami ibu bisa saja muncul pada saat kehamilan. Salah satunya adalah Sembelit Pada Ibu Hamil. Sebagian ibu hamil mengalami sembelit sebagian lagi tidak mengalaminya. Sembelit sendiri terjadi bisa karena beberapa faktor, diantaranya kurang serat, kurang minum air putih. Tetapi pada kasus ibu hamil sembelit kebanyakan bisa terjadi pada saat kehamilan trisemester ketiga, hal ini disebabkan karena pada kehamilan yang semakin besar rahim akan menekan usus besar yang kemudian menyebabkan terjadinya sembelit.

Sembelit Pada Ibu Hamil
Sumber Gambar : http://www.pbs.org

Untuk ibu hamil kondisi sembelit sangat mengganggu karena sembelit bisa menyebabkan wasir apabila terjadinya berkelanjutan. Tentunya kondisi ini akan sangat mengganggu ditambah beban ibu hamil pada semester ketiga ini sudah sangat berat karena janin sudah lumayan besar.

​Cara Atasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Untuk mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil ini Ada beberapa yang bisa dilakukan :

1. Minum air putih yang cukup

Kebutuhan air putih yang cukup untuk ibu hamil harus terpenuhi karena kalau ibu hamil kekurangan minum maka usus besar akan menyerap air dari makanan yang dikonsumsi sehingga menyebabkan sembelit. Disarankan minimal ibu hamil mengkonsumsi 10-12 gelas per hari, bisa juga dikombinasikan dengan jus buah atau jus sayuran sehingga kebutuhan serat juga terpenuhi.

2. Konsumsi makanan berserat

Pada saat hamil terkadang ibu hamil hanya berselera pada salah satu jenis makanan saja. Hal ini tentunya tidaklah baik apalagi jika yang tidak disukai adalah makanan berserat seperti buah atau sayuran. Apabila pada saat hamil tidak bisa mengkonsumsi buah bisa disiasati dengan cara dibuat jus atau dibuat puding. Setidaknya ada serat yang dikonsumsi agar tidak mengalami sembelit.

3. Melakukan olah raga 

Walaupun sedang hamil tetapi olah raga juga penting dilakukan, setidaknya olah raga yang ringan seperti jalan kaki, berenang dan olah raga ringan lainnya yang memungkinkan dilakukan oleh ibu hamil. Apabila ibu hamil kurang gerak maka akan mempengaruhi pergerakan usus sehingga resiko terjadinya sembelit semakin besar. Olah raga untuk ibu hamil bisa dilakukan selama 20-30 menit saja. Apabila memungkinkan olah raga ringan bisa dilakukan setiap hari. Manfaat lain dari olah raga untuk ibu hamil adalah bisa mencegah posisi bayi yang sungsang.
Demikian beberapa cara mengatasi sembelit pada ibu hamil. Semoga bermanfaat.

https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/09/Sembelit-ibu-Hamil.jpg?fit=740%2C400https://i0.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/09/Sembelit-ibu-Hamil.jpg?resize=150%2C150momsMoms InfoMoms Tips​Cara Atasi Sembelit Pada Ibu Hamil,sembelit ibu hamilMasa hamil merupakan masa dimana kadang penyakit yang tidak pernah dialami ibu bisa saja muncul pada saat kehamilan. Salah satunya adalah Sembelit Pada Ibu Hamil. Sebagian ibu hamil mengalami sembelit sebagian lagi tidak mengalaminya. Sembelit sendiri terjadi bisa karena beberapa faktor, diantaranya kurang serat, kurang minum air putih. Tetapi...Info Kesehatan Bunda dan Balita