Kehamilan merupakan hal yang ditunggu tunggu bagi pasangan yang baru saja menikah. Akan tetapi apabila kehamilan tidak kunjung datang beberapa pasangan muda akan berusaha dengan konsultasi ke dokter kandungan dan beberapa akan pasrah dan menunggu kehamilan tanpa konsultasi ke dokter. Berikut beberapa tips Merencanakan Kehamilan

Tips Merencanakan Kehamilan

Tips Merencanakan Kehamilan

Berikut beberapa tips yang bisa diikuti pasangan muda yang segera ingin mempunyai momongan:

1. Komitmen

Kenapa komitmen menjadi tips no satu, karena yang namanya mempunyai anak merupakan sebuah proses yang bisa bertahun tahun dan dibutuhkan kerja sama yang solid diantara pasangan. Bahkan setelah anak lahir, proses itu sebenarnya sangat membutuhkan kerja sama kedua belah pihak. Dari wanita hamil dengan kelelahan luar biasa selama 9 bulan, kemudian melahirkan yang harus mempertaruhkan nyawa, dan merawat bayi setelah melahirkan tidak dapat dilakukan oleh seorang wanita sendirian. Perlu suami dan ayah bayi dalam melalui proses ini dan saling mendukung serta bekerja sama.

2. Hindari konsumsi alkohol dan narkoba

Proses seorang ibu bisa menjadi hamil membutuhkan kondisi tubuh yang sehat, tidak kekurangan gizi serta tidak mengkonsumsi alkohol bahkan narkoba. Hal ini juga harus dipatuhi oleh suami, karena istri tidak bisa hamil sendirian, perlu suami dalam membuahi sel telur istri agar bisa terjadi pembuahan dan kehamilan. Dan suami juga harus mempunyai kondisi yang sehat untuk bisa membuahi sel telur.

3. Hitung sendiri masa subur

Seorang wanita yang mengalami menstruasi sudah dipastikan merupakan wanita yang subur, kendalanya adalah proses pembuahan oleh sperma tidak bisa dilakukan setiap waktu, ada waktu tertentu dimana sel telur dan sperma bisa cepat bertemu dan terjadi pembuahan. Masa subur wanita dihitung dari mulai menstruasi hari pertama. Sebagai contoh, apabila siklus menstruasi 30 hari dan hari pertama menstruasi adalah tanggal 1 maka sel telur akan matang pada sekitar tanggal 13-15. Dianjurkan bagi pasangan yang menginginkan kehamilan melakukan hubungan suami istri pada tanggal tersebut. Hubungan paling baik dilakukan pada waktu pagi hari sebelum jam 8 pagi atau malam antara pukul 7-9 malam. Apabila melewati jam itu kesuburan sperma berkurang drastis dan proses pembuahan bisa saja tidak berlangsung dengan baik.

Baca Juga : Atasi Stretch Marks ? Begini Caranya

4. Stop menggunakan krim pemutih wajah

Dewasa ini banyak sekali dijual bebas krim pencerah, pemutih wajah yang dijual bebas ditoko kosmetik ataupun di salon salon. Bagi wanita yang menginginkan kehamilan sangat dianjurkan untuk menghentikan sementara waktu pemakaia krim krim tersebut dikarenakan kadang ada kandungan dalam krim pencerah atau pemutih yang bisa mengganggu proses kehamilan.

5. Konsumsi obat penyubur

Obat penyubur buat wanita yang biasa diresepkan oleh dokter adalah vitamin E 500mg. Obat ini bisa dibeli bebas di apotek tanpa resep dokter. Konsumsi vit E ini untuk wanita apabila telah selesai menstruasi sampai selesai masa subur. Apabila ingin dilanjutkan dikonsumsi sampai menstruasi bulan berikutnya juga lebih bagus. Dianjurkan suami juga mengkonsumsi obat ini karena sel sperma yang bagus akan mempengaruhi terjadinya pembuahan. Apabila suka mengkonsumsi jamu bisa juga menggunakan​ jamu penyubur yang bisa dikonsumsi seminggu sekali.

6. Konsultasi ke dokter kandungan

Apabila tips no 1-5 sudah dilakukan dalam kurun waktu 6-12 bulan dan belum menunjukkan tanda tanda kehamilan, ada baiknya segera lakukan konsultasi ke dokter kandungan untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Demikian tips untuk merencanakan kehamilan, semoga bermanfaat.

https://i1.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/10/merencanakan-kehami.jpg?fit=740%2C400https://i0.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/10/merencanakan-kehami.jpg?resize=150%2C150momsMoms Tipsprogram hamil,rencana hamil,rencanakan kehamilanKehamilan merupakan hal yang ditunggu tunggu bagi pasangan yang baru saja menikah. Akan tetapi apabila kehamilan tidak kunjung datang beberapa pasangan muda akan berusaha dengan konsultasi ke dokter kandungan dan beberapa akan pasrah dan menunggu kehamilan tanpa konsultasi ke dokter. Berikut beberapa tips Merencanakan Kehamilan Tips Merencanakan Kehamilan Berikut beberapa tips yang bisa...Info Kesehatan Bunda dan Balita