Kondisi seseorang yang kekurangan zat besi biasa kita sebut dengan anemia. Sedangkan anemia sendiri bisa berarti bahwa terjadi kondisi sel darah merah yang menurun atau hemoglobin yang kurang dari normal. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya konsumsi asam folat dan vitamin B12. Yuk Simak Bahaya Anemia lebih detail bunda.

bahaya anemia

Beberapa gejala anemia yang bisa terlihat antara lain kelelahan, mudah marah, pingsan dan bisa juga sesak nafas. Hal ini dikarenakan anemia mengurangi jumlah pasokan oksigen di dalam darah sehingga timbul gejala seperti diatas.

Bahaya Anemia

Terkait peran zat besi yang sangat penting yaitu sebagai pengantar oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh maka kondisi anemia ini sangat dianjurkan tidak terjadi pada balita dan ibu hamil. Pada balita kondisi anemia ini bisa mengganggu perkembangan dikarenakan balita terutama yang usianya dibawah 2 tahun mempunyai perkembangan otak dan tubuh yang sangat pesat sehingga sangat dianjurkan zat zat gizi yang dikonsumsi merupakan zat gizi yang menunjang pertumbuhan badan dan otaknya sehingga balita tidak akan mengalami anemia. Balita yang mengalami anemia akan terlihat lesu, malas bergerak dan terlihat pucat.

Baca Juga : Hindari Kombinasi Menu Makanan Anak Berikut

Untuk ibu hamil anemia juga bisa sangat berbahaya karena akan menyebabkan pasokan oksigen dan zat makanan ke janin juga terganggu, oleh karena itu pada saat hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin tambahan dari dokter atau bidan yang salah satunya adalah zat besi agar ibu hamil terhindar dari anemia. Pada saat hamil tubuh akan bekerja lebih berat dan akan lebih banyak membutuhkan sel darah merah untuk mengedarkan oksigen dan sari makanan untuk ibu sendiri dan janinnya. Kondisi ini menyebabkan ibu hamil rawan mengalami anemia sehingga perlu mengkonsumsi zat besi tambahan agar kebutuhan zat gizi dan oksigen janin terpenuhi dengan sempurna. Apabila ibu hamil mengalami anemia yang terus menerus maka hal ini dapat membahayakan ibu hamil dan juga perkembangan janin dalam kandungan. Maka diperlukan gizi yang cukup bagi ibu hamil dan juga konsumsi vitamin tambahan bila perlu agar ibu hamil tidak mengalami anemia.

Selain mengkonsumsi vitamin yang mencegah bahaya anemia, zat besi juga bisa diperoleh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Sumber zat besi alami yang paling baik adalah daging merah atau daging sapi. Akan tetapi sumber makanan yang lain yang juga mengandung zat besi yang bisa kita konsumsi adalah :

  • *Daging merah dan jeroannya
  • *Ikan dan kerang
  • *Sereal dan roti
  • *Kacang-kacangan
  • *Sayuran berdaun hijau
  • *Buah kering
  • *Coklat polos

Untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah bisa dikombinasikan dengan konsumsi vitamin C juga. Oleh karena itu konsumsi buah kaya vitamin C seperti jeruk, jambu biji atau mangga sangat disarankan pada ibu hamil dan juga balita diatas 1 tahun.

Pada dasarnya untuk ibu hamil dan balita wajib mendapatkan gizi yang cukup dan seimbang agar terhindar dari anemia sehingga perkembangan janin dan balita tidak terganggu.

Demikian sedikit pembahasan tentang bahaya anemia semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.

https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/10/bahaya-anemia.jpg?fit=740%2C400https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/10/bahaya-anemia.jpg?resize=150%2C150momsMoms Infoanemia,anemia bunda,anemia ibu,anemia ibu hamil,bahaya anemiaKondisi seseorang yang kekurangan zat besi biasa kita sebut dengan anemia. Sedangkan anemia sendiri bisa berarti bahwa terjadi kondisi sel darah merah yang menurun atau hemoglobin yang kurang dari normal. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya konsumsi asam folat dan vitamin B12. Yuk Simak Bahaya Anemia lebih detail bunda. Beberapa gejala...Info Kesehatan Bunda dan Balita