Bunda sering membersihkan telinga balita/anak? Hati-hati loh bunda, karena telinga balita/anak masih sangat sensitif, kita harus membersihkan telinga mereka dengan benar. Meskipun kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya, telinga balita/anak harus rutin dibersihkan, karena kalau tidak dibersihkan kotoran pada telinga akan menumpuk, dan akibatnya bisa mengganggu pendengaran. Tapi jika membersihkan telinga dengan cara yang salah, juga akan mempengaruhi pendengaran anak-anak. Meskipun ada beberapa pendapat yang menganjurkan untuk membersihkan telingan balita ke dokter THT, tetapi sebenarnya bunda juga bisa melakukannya sendiri, asalkan cara membersihkan telinga anak dilakukan dengan baik dan benar.

Cara Membersihkan Telinga Anak
babycenter.com

Tips Membersihkan Telinga Balita/Anak

Rutin melihat telinga balita, dengan cara ini bunda bisa mengecek apakah terdapat kotoran pada telinga mereka. Bunda juga bisa melihat perilaku mereka, apabila balita/anak bunda menggaruk, mengorek, atau menarik telinganya, maka bunda harus segera melihat telinga mereka.

Gunakan alat pembersih telinga, ini memudahkan bunda untuk membersihkan telinga mereka. Cotton bud merupakan alat yang biasa digunakan untuk membersihkan kotoran telinga, tetapi untuk menggunakan cotton bud, bunda harus hati-hati karena kotoran bisa terdorong kedalam sehingga akan menambah tumpukan kotoran telinga. Cotton bud digunakan hanya untuk membersihkan daun telinga loh bunda, atau minimal 1cm kearah lubang telinga.

Teteskan baby oil secara rutin, ini bisa bunda lakukan sebagai cara membersihkan telinga anak. Dengan meneteskan baby oil, kotoran akan melunak, dan dapat mengurangi penumpukan kotoran telinga.

Periksakan telinga balita/anak ke dokter THT, ini bisa bunda lakukan secara rutin 6 bulan sekali. Dokter THT lebih tahu dan mengerti cara membersihkan telinga balita/anak dengan baik dan benar, juga bisa bunda gunakan untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang cara merawat telinga anak dengan baik.

Tulisan Cara Membersihkan Telinga Anak diambil dari beberapa sumber, gambar diambil dari tips.parents.com

https://i0.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2013/05/Membersihkan-Telinga-Anak-1.jpg?fit=750%2C420https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2013/05/Membersihkan-Telinga-Anak-1.jpg?resize=150%2C150adminMoms Tipskesehatan telinga,membersihkan telinga anak,telinga anak,telinga balitaBunda sering membersihkan telinga balita/anak? Hati-hati loh bunda, karena telinga balita/anak masih sangat sensitif, kita harus membersihkan telinga mereka dengan benar. Meskipun kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya, telinga balita/anak harus rutin dibersihkan, karena kalau tidak dibersihkan kotoran pada telinga akan menumpuk, dan akibatnya bisa mengganggu pendengaran. Tapi jika...Info Kesehatan Bunda dan Balita