Apakah balita bunda memiliki dahak? Tentunya sedih ya bunda. Balita memang sangat rentan terhadap beberapa panyakit, meskipun bunda sekuat tenaga menjaga agar tidak terkena panyakit, tapi kadang penyakit tetap menyerang. Dahak merupakan cairan kental yang diproduksi oleh saluran pernapasan, yang berfungsi untuk melawan benda asing yang masuk, seperti bakteri, virus, atau benda-benda yang menyebabkan alergi lainnya. Warna dahak yang normal adalah jernih atau bening, tetapi jika balita bunda memiliki dahak dengan warna kuning atau hijau, segeralah periksakan ke dokter. Dahak atau lendir pada tenggorokan akan sangat mengganggu, bukan hanya untuk balita, orang yang sudah dewasa akan merasa tidak nyaman dbuatnya. Tetapi jangan terlalu khawatir yang bunda, karena dahak bisa bunda keluarkan sendiri, tanpa harus pergi ke dokter. Berikut adalah beberapa cara mengeluarkan dahak pada balita.

Sumber: parentsociety.com
Sumber: parentsociety.com

Mengeluarkan Dahak Pada Balita

Mengencerkan Dahak, beberapa cara bisa bunda lakukan untuk mengencerkan dahak pada anak. Menjemur balita adalah cara mengencerkan dahak, tapi ingat bunda, cara ini bisa bunda lakukan pada pagi hari, sekitar pukl 07.00-09.00, karena kalau terlalu siang, maka tidak baik untuk balita. Cara lain adalah dengan mengoleskan balsam atau minyak kayu putih pada bagian dada dan punggung balita, atau bunda bisa mencampurkan minyak kayu putih dengan air hangat dan diletakkan di samping balita agar bisa terhirup. Berikutnya adalah dengan tetap member ASI, dan jika balita sudah mendapatkan makanan pendamping ASI, bunda bisa memberikan air hangat atau sup, agar tenggorokan balita tetap hangat.

Mengeluarkan dahak, setelah mengencerkan dahak, bunda bisa melakukan beberapa cara mengeluarkan dahak pada balita. Jika bunda merasa dahak sudah encer, tengkurapkan bayi dipangkuan bunda, tapi ingat yang bunda, bagian kepala balita harus lebih rendah daripada badannya. Selanjutnya bunda bisa menepuk-nepuk punggung dan dada balita, hal ini bertujuan agar dahak pada bayi bisa keluar dari tenggorokan. Tetapi jika dahak tidak keluar melalui tenggorokan, bunda tidak perlu khawatir, karena dahak akan tertelan, dan akan keluar dengan sendirinya melalui bersin, feses (kotoran), air seni, atau saat balita muntah.

Tulisan Cara Mengeluarkan Dahak Pada Balita diambil dari beberapa sumber, gambar diambil dari Live Strong

https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2013/06/Cara-Mengeluarkan-Dahak-Pada-Balita-2-1.jpg?fit=750%2C420https://i0.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2013/06/Cara-Mengeluarkan-Dahak-Pada-Balita-2-1.jpg?resize=150%2C150adminMoms Tipsdahak pada anak,mengeluarkan dahak,mengencerkan dahakApakah balita bunda memiliki dahak? Tentunya sedih ya bunda. Balita memang sangat rentan terhadap beberapa panyakit, meskipun bunda sekuat tenaga menjaga agar tidak terkena panyakit, tapi kadang penyakit tetap menyerang. Dahak merupakan cairan kental yang diproduksi oleh saluran pernapasan, yang berfungsi untuk melawan benda asing yang masuk, seperti bakteri,...Info Kesehatan Bunda dan Balita