Balita adalah usia yang rentan terkena penyakit yang salah satunya adalah demam pada balita. Demam sebenarnya merupakan suatu indikasi adanya infeksi. Bagi pasangan muda balita yang mengalami demam cukup membuat kerepotan. Kondisi balita dikatakan demam apabila suhu badannya di atas 38°C. Agar lebih mudah memantau suhu balita yang demam ada baiknya selalu sedia termometer di rumah.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam pada balita diantaranya:

1. Berikan minum yang banyak, karena demam dapat menimbulkan dehidrasi sehingga minum bisa membantu menghindari dehidasi dan menurunkan suhu tubuh.

2. Kompres dengan air hangat, bukan dengan air dingin. Apabila dikompres air dingin, otak akan menyangka bahwa suhu di luar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhu tubuhnya dengan cara menggigil sehingga memproduksi panas. Akibatnya suhu tubuh balita akan tambah panas. Kompres bisa dilakukan ketika anak merasa tidak nyaman, atau suhu sampai 40°C, pernah kejang atau anak muntah-muntah sehingga obat tidak bisa masuk. Adapun cara melakukan kompres: taruh anak di bath tub/ember mandi dengan air hangat (30-32°C) atau usapkan air hangat disekujur tubuhnya. Kemudian keringkan agar anak tidak kedinginan. 3.Beri obat penurun panas, acetaminophen atau paracetamol sesuai dosis. Obat penurun panas diberikan apabila suhu tubuh di atas 38,5°C, atau bila balita merasa tidak nyaman. Sebaiknya jangan berikan obat demam apabila panasnya tidak terlalu tinggi (dibawah 38,5°C ).

Demam pada Balita

Dampak terjadinya demam antara lain :

1. Dehidrasi karena pada saat demam, terjadi peningkatan pengeluaran cairan tubuh sehingga dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi.

2. Kejang demam — akan tetapi hal ini kemungkinannya sangat kecil. Kejang demam kebanyakan hanya menyerang bayi usia 6 bulan sampai usia 3 tahun. Biasanya terjadi pada hari pertama demam, gejala yang nampak : anak tidak sadar, kejang tampak sebagai gerakan-gerakan seluruh tangan dan kaki yang terjadi dalam waktu sangat singkat. Umumnya kejang tidak berbahaya, dan tidak menyebabkan kerusakan otak. Informasi penting dalam mengatasi demam adalah mencari tahu apa penyebab timbulnya demam. Dengan mengetahui masalahnya maka kita dapat bertindak secara rasional. Hal utama yang perlu dilakukan adalah mengamati perilaku anak. Bila saat suhu agak rendah anak masih tetap aktif, masih riang, masih mau bermain, maka kita tidak perlu cemas. Jangan memberikan obat panas bila demam tidak tinggi. Yang juga penting adalah mencegah kemungkinan terjadinya dehidrasi karena ini bisa berbahaya.

Masa penyembuhan untuk demam pada balita berbeda-beda waktunya sebagai contoh uuntuk demam tinggi biasanya memerlukan waktu 3-10 hari untuk sembuh total. Beberapa situasi yang harus diketahui orang tua untuk segera menghubungi dokter adalah :

  1. Bila bayi berusia 3bulan-2 tahun dengan suhu tubuh diatas 38,5°C sudah dilakukan tindakan menurunkan panas tetapi panasnya tidal kunjung turun.
  2. Balita sudah tidak mau minum atau sudah mengalami dehidrasi.
  3. Menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan.
  4. 4. Tidur terus, lemas dan sulit dibangunkan.
  5. Kejang
  6. Kaku kuduk leher
  7. Sesak napas
  8. Muntah, diare
  9. Sakit kepala hebat

Hal lain yang perlu diperhatikan apabila balita mengalami demam :

  1. Ruangan dijaga agar tidak panas. Usahakan buka jendela agar ada udara masuk.
  2. Usahakan balita memakai baju yang tidak terlalu tebal. .
  3. Sediakan cairan ekstra berikan minum yang sering bisa berupa air, air sup, jus buah segar yang sudah dicampur air.
  4. Bila sering muntah atau diare, beri minuman yang mengandung elektrolit bisa oralit.
  5. Hindari makanan yang berlemak, dan makanan yang sulit dicerna.
  6. Kompres air hangat.

Apabila demam tidak kunjung turun segera hubungi dokter. Demikian sedikit pembahasan tentang demam dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/09/demam-pada-balita.jpg?fit=750%2C420https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/09/demam-pada-balita.jpg?resize=150%2C150momsMoms Infodemam pada anak,demam pada balitaBalita adalah usia yang rentan terkena penyakit yang salah satunya adalah demam pada balita. Demam sebenarnya merupakan suatu indikasi adanya infeksi. Bagi pasangan muda balita yang mengalami demam cukup membuat kerepotan. Kondisi balita dikatakan demam apabila suhu badannya di atas 38°C. Agar lebih mudah memantau suhu balita yang demam...Info Kesehatan Bunda dan Balita