Balita disarankan untuk mulai mengenal makanan pendamping bayi pada usia 6 bulan, hal ini bukan tanpa alasan. Pada usai 6 bulan,  balita sudah mulai tumbuh gigi dan keinginan untuk menggigit sudah mulai tidak terkendali. Pada saat inilah sebagai orang tua sudah boleh memberikan makanan pendamping Asi.

Makanan Pendamping Bayi

Pada pemberian pertama sangat disarankan untuk memberikan makanan dengan menu tunggal dan tidak terlalu padat.

Sebagai contoh menu tunggal untuk MP ASI pertama adalah beras merah, beras putih dan kacang hijau. Bunda bisa memilih yang instan, organik atau yang buatan sendiri. Kenapa harus menu tunggal?

Karena pada saat balita mulai diperkenalkan makanan pertama enzim enzim pencernaanya belum terbentuk secara sempurna karena selama 6 bulan balita hanya mengkonsumsi Asi saja atau susu formula, inilah yang mendasari pada MP ASI pertama balita wajib dipilih menu tunggal terlebih dahulu.

Selain itu, sebagai Makanan Pendamping Bayi dengan menu tunggal, bunda juga akan lebih mudah mengenali apabila balita mengalami alergi setelah diberikan makanan pendamping Asi tersebut.

Alergi sendiri bisa saja terjadi dikarenakan makanan pendamping Asi tersebut termasuk makanan yang belum pernah dikonsumsi sehingga bisa saja menimbulkan alergi pada balita pada saat pemberian pertama.

Makanan Pendamping Bayi
Image by Freepik.com

Alergi ini bisa ditandai dengan gejala seperti muntah, ruam merah, panas, sakit perut, sembelit, bahkan bisa juga sampai diare.

Sebagai bunda disarankan memperhatikan pada saat balita makan makanan yang belum pernah dikonsumsi agar alergi ini tidak berlanjut dan menjadi berbahaya.

Apabila alerginya tidak parah akan hilang dengan sendirinya apabila konsumsi makanan yang menjadi alergen dihentikan, bisa 2-3 hari alergi akan berhenti, tergantung dari kondisi masing-masing balita.

Apabila alerginya parah, maka kondisi balita tidak segera membaik walaupun makanan yang membuat alergi sudah dihentikan pemberiannya. Kalau dalam 2-3 hari alergi tidak juga hilang sangat disarankan untuk segera menemui dokter agar diberikan obat yang tepat untuk mengatasi alergi balita.

Itulah sebabnya sangat disarankan untuk memperhatikan balita apabila ada makanan yang dikonsumsi pertama kali, perhatikan apakah ada kemungkinan alergi akan timbul pada balita. Dan juga disarankan untuk memberikan menu yang belum pernah dikonsumsi satu persatu agar ketahuan apakah balita alergi atau tidak.

Untuk alergi akan dibahan pada artikel selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

https://i1.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/10/makananbayi.jpg?fit=740%2C400https://i1.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/10/makananbayi.jpg?resize=150%2C150momsMoms Infomakanan bayi,makanan pendamping,pendampng asiBalita disarankan untuk mulai mengenal makanan pendamping bayi pada usia 6 bulan, hal ini bukan tanpa alasan. Pada usai 6 bulan,  balita sudah mulai tumbuh gigi dan keinginan untuk menggigit sudah mulai tidak terkendali. Pada saat inilah sebagai orang tua sudah boleh memberikan makanan pendamping Asi. Makanan Pendamping Bayi Pada pemberian...Info Kesehatan Bunda dan Balita