Alergi pada bayi merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing atau alergen. Alergen ini bisa terhirup, tertelan, disuntikkan atau hanya tersentuh saja bisa menyebabkan alergi. Bayi paling sering mengalami alergi dikarenankan sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna. Pada bagian bawah artikel ini mengulas mengenai beberapa fator yang membuat anak alergi

 

Membuat Anak Alergi
Source Freepik.com

Beberapa Faktor Ini Membuat Anak Alergi

Beberapa faktor yang menyebabkan bayi alergi / membuat anak alergi antara lain :

1. Faktor keturunan

Faktor keturunan menempati urutan pertama penyebab alergi. Apabila salah satu orang tua atau kedua orang tua bayi mempunyai riwayat alergi maka kemungkinan akan mempunyai keturunan yang alergi pula meskipun kadang tidak dengan alergi yang sama dengan orang tuanya. Misalnya orang tua alergi makanan udang belum tentu anaknya juga sama akan tetapi ada kecenderungan akan mempunyai bakat alergi.

2. Faktor makanan

Beberapa makanan ini bisa jadi menyebabkan alergi pada bayi, contoh makanan itu antara lain kacang, susu, telur, kerang, dan ikan. Oleh karena itu apabila balita mengkonsumsi makanan tersebut untuk pertama kalinya ada baiknya diperhatikan apakah ada perubahan yang terjadi atau tidak sehingga apabila balita alergi dapat langsung mendapat penanganan yang seharusnya.

3. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan yang mungkin bisa menyebabkan alergi antara lain debu, bulu hewan, serbuk sari, dan mungkin juga kecoa.

4. Faktor obat obatan

Beberapa obat bisa juga menimbulkan alergi pada balita bahkan pada orang tua sering juga terjadi alergi obat. Ada baiknya pada saat pemberian obat diperhatikan kondisi balita agar apabila terjadi alergi bisa segera dilakukan tindakan yang seharusnya.

Gejala alergi pada balita yang bisa dilihat antara lain bengkak pada wajah, bibir, dan lidah, muntah atau diare, gatal-gatal pada kulit, batuk atau bersin-bersin terus menerus, kulit memerah atau ruam, susah bernapas bahkan bisa hilang kesadaran atau pingsan.Pengobatan pada alergi pada dasarnya harus dibawah pengawasan dokter, akan tetapi hal paling penting adalah penyebab alergi yang harus diketahui oleh orang tua balita agar bisa dihindari dan alergi pada balita tidak terulang kembali. Selalu awasi putra putri kita apalagi kalau balita kita mempunyai potensi alergi ada baiknya sebagai orang tua selalu jeli dan waspada.

https://i1.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/11/anak_ortu.jpg?fit=740%2C400https://i0.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/11/anak_ortu.jpg?resize=150%2C150momsMoms Infoalergi anak,alergi bayi,anak sakitAlergi pada bayi merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing atau alergen. Alergen ini bisa terhirup, tertelan, disuntikkan atau hanya tersentuh saja bisa menyebabkan alergi. Bayi paling sering mengalami alergi dikarenankan sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna. Pada bagian bawah artikel ini mengulas mengenai beberapa fator yang...Info Kesehatan Bunda dan Balita