Anak-anak memang sangat rentan terserang penyakit terutama saat balita, jadi bunda harus bekerja keras untuk menjaga kesehatan buah hati bunda. Salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak adalah diare, penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Setelah sebelumnya kita bahas tentang diare pada anak, dari penyebab dan gejala yang ditimbulkan, sekarang kita akan membahas tentang bagaimana cara untuk mencegah dan mengobati anak dari diare. Semoga apa kita bahas kali ini bisa membantu bunda untuk menghindarkan anak-anak dari penyakit diare. Untuk mencegah anak dari diare sebenarnya mudah bunda, biasakanlah hidup bersih, sehingga apapun yang menyebabkan diare bisa dihindari.

Mencegah dan Mengobati Anak dari Diare

Mencegah Anak dari Diare

Biasakanlah anak-anak untuk mencuci tangan sehabis dari kamar mandi, dan juga sebelum makan. Memang anak-anak lumayan susah untuk mencuci tangan, kalaupun mau biasanya tidak bersih, tapi bunda harus membantu mereka dalam hal ini. Gunakanlah sabun cuci tangan yang khusus untuk anak-anak, karena bentuk botol dan wangi sabun juga bisa mempengaruhi keinginan mereka untuk cuci tangan.

Segera mencuci buah dan sayuran sampai bersih, karena kebanyakan diare disebabkan oleh makanan. Buah dan sayur yang bersih bisa mencegah tumbuhya bakteri, jadi saat anak-anak memakannya, bunda tidak perlu khawatir tentang kebersihannya.

Jagalah kebersihan makanan dan minuman anak-anak, jangan biarkan mereka mengkonsumsi makanan yang bunda tidak tahu kebersihan dan kesehatannya. Biasanya anak-anak suka jajan, jangan terlalu dilarang juga, tapi bunda harus benar-benar selektif apa yang mereka konsumsi. Begitu juga dengan air/minuman mereka, kita semua tahu kalau air sangat mudah tercemar bakteri.

Mencegah dan Mengobati Anak dari Diare

Beri asupan air yang cukup, seperti yang kita tahu kalau efek dari diare adalah dehidrasi, dan ini bahaya loh bunda. Jika anak bunda masih tergantung pada ASI, maka bunda harus terus menyusui mereka yang bunda. Jika tidak, maka berikan banyak cairan kepada anak-anak , agar mereka tetap memiliki asupan air yang cukup.

Berikan makanan yang mudah untuk dicerna pada anak yang terserang diare. Makanan yang cocok untuk yang terkena diare adalah bubur, nasi yang lembek, atau pisang. Jangan berikan makanan sereal, karena makanan itu tidak mudah dicerna.

Jika balita tidak membaik dalam waktu 3 hari, segeralah bunda bawa anak bunda ke dokter. Apalagi jika balita mengeluarkan tinja encer dalam jangka waktu yang cepat dan terdapat bercak darah, maka kedokterlah cara yang paling tepat untuk anak bunda, agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Tulisan mencegah dan mengobati anak dari diare diambil dari beberapa sumber

https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2013/05/Mencegah-dan-Mengobati-Anak-dari-Diare.jpg?fit=750%2C420https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2013/05/Mencegah-dan-Mengobati-Anak-dari-Diare.jpg?resize=150%2C150adminMoms TipsDiare,diare pada anak,mencegah anak diare,mengobati diare anakAnak-anak memang sangat rentan terserang penyakit terutama saat balita, jadi bunda harus bekerja keras untuk menjaga kesehatan buah hati bunda. Salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak adalah diare, penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Setelah sebelumnya kita bahas tentang diare pada anak, dari penyebab dan gejala yang ditimbulkan, sekarang...Info Kesehatan Bunda dan Balita