Seperti yang sudah dijelaskan pada jenis batuk anak, batuk merupakan salah satu reflek alami yang dilakukan balita untuk membersihkan saluran pernapasan dari partikel asing, lendir, iritasi, dan yang lain. Jadi bunda jangan terburu-buru memberikan obat kepada anak, karena obat kimia juga memiliki efek samping, apalagi tanpa resep dokter. Seperti pada artikel sebelumnya, ada dua jenis batuk yang dibedakan menurut penyebabnya. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mencegah dan mengobati batuk pada anak.

Mencegah dan Mengobati Batuk Pada Anak

Mencegah Anak dari Batuk

Untuk mencegah agar anak-anak tidak terserang batuk adalah dengan menghindarkan mereka dari beberapa faktor yang menyebabkan batuk. Untuk batuk alergi, bunda bisa membiasakan menghindarkan anak dari debu, bulu binatang, asap rokok, dan penyebab batuk alergi lainnya. Untuk itu keadaan rumah harus benar-benar bersih, karena balita memang lebih sensitif dan rentan terhadap penyakit.

Untuk batuk non alergi yang disebabkan oleh virus dan bakteri, bunda harus memberikan makanan dengan gizi yang seimbang, agar anak-anak mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, sehinga tidak mudah terserang penyakit, seperti batuk.

Mengobati Anak Yang Batuk

Ketika anak terserang batuk alergi memang membuat bunda was-was, karena batuk jenis ini memang cukup bandel. Tetapi bunda jangan khawatir, selama batuk alergi yang menyerang tidak membuat aktivitas anak menjadi terganggu, anak bunda tidak perlu minum obat. Yang perlu bunda ketahui adalah batuk alergi bisa hilang dengan sendirinya, asalkan penyebab batuk alergi sudah bunda hilangkan. Jika batuk sudah mulai mengganggu kegiatan anak, sebaiknya anda cepat berkonsultasi dengan dokter, karena itu adalah jalan yang paling tepat. Selain itu, bunda juga bisa mengobati batuk pada anak dengan obat alami atau herbal.

Untuk batuk non alergi, bunda harus memeriksakan ke dokter untuk mengetahui jenis kuman yang mesuk ke dalam tubuh anak bunda. Jika bentuk kuman adalah bakteri, biasanya dokter akan memberikan antibiotika. Jika bentuk kuman adalah virus, sampai sekarang belum ada pengobatan yang benar-benar bisa menyembuhkan secara tuntas. Tetapi bunda tak perlu khawatir, karena virus yang menyebabkan batuk merupakan jebis yang tidak ganas, sehingga bisa sembuh dengan sendirinya. Begitu juga dengan gejala yang menyertai batuk non alergi, seperti demam akan segera turun dalam beberapa hari. Namun jika balita atau anak bunda tidak membaik, sebaiknya bunda cepat membawanya ke dokter.

Tulisan mencegah dan mengobati batuk pada anak diambil dari beberapa sumber, gambar dari drgreene.com

adminMoms TipsAnak Batuk,Batuk pada Anak,Mencegah Anak Batuk,Mengobati Batuk AnakSeperti yang sudah dijelaskan pada jenis batuk anak, batuk merupakan salah satu reflek alami yang dilakukan balita untuk membersihkan saluran pernapasan dari partikel asing, lendir, iritasi, dan yang lain. Jadi bunda jangan terburu-buru memberikan obat kepada anak, karena obat kimia juga memiliki efek samping, apalagi tanpa resep dokter. Seperti...Info Kesehatan Bunda dan Balita