Influenza, atau yang biasa kita kenal dengan flu merupakan salah satu penyakit yang sangat menular, yang terjadi pada saluran pernapasan. Semua orang beresiko untuk terserang penyakit ini, dan semua kelompok umur bisa terkena flu. Tetapi anak-anak lebih beresiko daripada orang dewasa, ini karena daya tahan tubuh anak-anak masih kurang kuat. Di Indonesia flu biasanya sering terjadi pada musim penghujan, atau musim pancaroba. Sementara di Amerika Serikat, sebagian besar kasus flu terjadi pada akhir Desember dan awal Maret. Untuk itu kita harus mengenal influenza pada anak, dari tanda dan gejala, lama penyakit flu, dan cara penularannya. Dengan begitu bunda diharapkan mampu untuk mencegah dan mengobati flu pada anak.

Mengenal Influenza Anak

Tanda dan Gejala Influenza

Influenza atau flu biasanya ditandai dengan bersin-bersin dan hidung tersumbat, tetapi masih banyak tanda dan gejala penyakit flu yang harus kita ketahui. Gejala flu biasanya dimulai sekitar 2 hari setelah terpapar virus, gejala yang bisa kita lihat adalah demam, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, pusing, nafsu makan berkurang, kelelahan, batuk, sakit tenggorokan, pilek, mual atau muntah, lemah, sakit telinga, dan diare. Begitu juga dengan balita, biasanya akan tiba-tiba rewel, sering nangis, tidak mau makan, dan lain-lain.

Jangka Waktu Influenza

Gejala flu yang terjadi akan hilang dengan sendirinya setelah 5 hari, tetapi batuk dan badan lemas biasanya masih terasa, setelah satu atau sua minggu gejala flu biasanya akan benar-benar hilang. Meskipun flu akan sembuh dengan sendirinya, flu yang serius harus anda obati, karena kalau dibiarkan dapat menyebabkan pneumonia dan komplikasi, terutama untuk bayi atau balita, lansia, dan orang dengan masalah kesehatan jangka panjang.

Penularan Influenza

Penularan flu biasanya melalui batuk dan bersin dari orang yang sedang mengalami gejala flu, jadi hindarkan anak dari hal-hal yang bisa menyebabkan penularan flu. Hanya dengan menghirup udara yang mengandung virus flu yang tersembur ke udara saat seorang penderita bersin atau batuk, seseorang yang tadinya sehat bisa sakit. Penularan flu sangat mudah, karena terdapat kurang lebih 200 jenis virus yang dapat menyebabkan flu, salah satunya adalah virus Rhinovirus yang menyerang bagian hidung dan tenggorokan.

Tulisan Mengenal Influenza Pada Anak diambil dari beberapa sumber, gambar dari kolcraft.com

adminMoms Infoflu,influenza,influenza pada anak,mengenal influenzaInfluenza, atau yang biasa kita kenal dengan flu merupakan salah satu penyakit yang sangat menular, yang terjadi pada saluran pernapasan. Semua orang beresiko untuk terserang penyakit ini, dan semua kelompok umur bisa terkena flu. Tetapi anak-anak lebih beresiko daripada orang dewasa, ini karena daya tahan tubuh anak-anak masih kurang...Info Kesehatan Bunda dan Balita