Pencegahan dan perawatan anak saat flu harsus dilakukan, meskipun Flu bukan penyakit yang berbahaya, tetapi penyakit ini sangat mudah menular, terutama untuk anak-anak. Pencegahan menjadi lebih penting daripada pengobatan, agar anda tidak khawatir saat anak terserang flu. Ada beberapa hal yang harus Bunda lakukan untuk mencegah anak terkena flu.

Pencegahan dan Perawatan Anak Flu

Mencegah anak terserang flu

Jauhkan anak dari penderita flu, ini adalah cara yang efektif untuk mencegah anak terserang flu, karena virus flu bisa bertahan beberapa jam di udara. Jika bunda yang terserang flu, jangan menjauh dari anak-anak, karena mereka sangat membutuhkan anda. Bunda bisa menyiasatinya dengan menggunakan masker, sehingga virus tidak terhirup oleh anak-anak.

Berikan makanan dengan gizi yang seimbang pada anak, karena dengan gizi yang baik akan memberikan daya tahan yang baik untuk tubuh anak-anak. Jangan lupa ajak anak beraktifitas, anak akan mengeluarkan keringat, dengan cara itulah anak-anak berolahraga.

Merawat anak yang terserang flu

Jika anak terkena flu, jangan terlalu panik, karena influenza biasanya tidak membutuhkan perawatan medis. Anda harus melakukan beberapa hal untuk mengatasi flu agar anak anda merasa lebih baik, sebelum anda membawa anak ke dokter.

Minum banyak air putih, karena flu biasanya akan diiringi dengan demam yang bisa menyebabkan dehidrasi. Dengan meminum air putih yang banyak, maka akan memberikan cadangan air yang cukup pada tubuh anak anda. Jika merasa bosan dengan air putih, anda bisa memberikan jus buah, seperti anggur, melon, dan buah lain yang disukai anak anda.

Istirahat yang cukup, jangan biarkan anak-anak melakukan kegiatan yang akan menguras tenaga mereka. Anda bisa menyediakan film kartun favorit, buku kartun, atau musik, sehingga anak tidak merasa bosan jika harus istirahat di dalam kamar.

Jika hidung tersumbat, anak yang terserang flu biasanya bernafas melalui mulut, itu dikarenakan hidung tersumbat. Untuk mengatasi hidung tersumbat bunda bisa menggunakan uap air panas, dengan menghirup uap air panas, maka lendir yang menyumbat hidung akan mencair dan keluar.

Jika anak menggigil kedinginan, berikan baju yang tebal, atau pakaian berlapis. Pakaian tebal akan membuat anak merasa hangat dan nyaman saat mereka merasakan dingin. Jangan lupa memberikan hiburan dan semangat untuk anak anda bahwa mereka akan segera sembuh, dan bisa melakukan semua kegiatan mereka. Jika semua sudah anda lakukan dan anak anda belum pulih, segera konsultasikan dengan dokter, agar bisa ditangani lebih intensif.

Tulisan ini didapatkan dari berbagai sumber, gambar diambil dari madeformums.com

adminMoms Tipsflu,influenza,mencegah anak flu,merawat anak flu,tipsPencegahan dan perawatan anak saat flu harsus dilakukan, meskipun Flu bukan penyakit yang berbahaya, tetapi penyakit ini sangat mudah menular, terutama untuk anak-anak. Pencegahan menjadi lebih penting daripada pengobatan, agar anda tidak khawatir saat anak terserang flu. Ada beberapa hal yang harus Bunda lakukan untuk mencegah anak terkena flu. Mencegah...Info Kesehatan Bunda dan Balita