Sesak napas pada bayi adalah kondisi dimana bayi/anak mengalami kesulitan bernafas, hal ini bisa terjadi pada orang dewasa, anak-anak bahkan pada bayi. Sesak nafas pada bayi bisa merupakan gejala dari beberapa penyakit yang berbeda bisa penyakit akut ataupun kronis.

Kenapa bisa terjadi sesak nafas? Sesak nafas tersebut merupakan hasil dari kombinasi impuls yang diteruskan ke otak dari ujung saraf di paru-paru, tulang rusuk, otot dada, atau diafragma kemudian dikombinasikan dengan persepsi pasien dan interpretasi. Maka terjadilah sesak nafas. Sesak nafas bisa juga terjadi karena kecemasan yang berlebihan yang terjadi pada seseorang.

Mengapa bayi bisa mengalami sesak nafas? Dalam beberapa kasus bayi bisa mengalami batuk berulang, mengi, bahkan mungkin sesak napas yang sangat mengganggu. Kondisi badan dan lingkungan yang kurang baik bisa menjadi penyebab bayi mengalami sesak nafas. Misalnya saja kondisi lingkungan di sekitar bayi yang banyak debu,asap rokok, bulu binatang atau mungkin karena lingkungan yang lembab. Apabila kondisi bayi tidak bagus maka dapat menimbulkan sesak nafas. Akan tetapi kondisi sesak nafas juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi bakteri ataupun virus.

Ketika saluran nafas bersentuhan dengan alergen, maka akan terjadi radang di dalam jaringan bronkus dan bronkiolus,hal ini menyebabkan otot-otot di bagian luar saluran udara akan mengalami penyempitan dan terjadilah sesak nafas. Cairan akan memasuki saluran udara, sehingga menyebabkan bengkak dan bayi akan mengalami kesulitan bernapas. Penyebab paling umum dari gejala sesak nafas pada balita adalah virus pernafasan. Infeksi saluran pernafasan bisa terjadi pada orang dewasa, anak-anak dan bahkan bayi, akan tetapi bayi memiliki risiko lebih besar dengan infeksi virus pernafasan ini. Setidaknya 50% balita pernah mengalami sesak nafas karena virus pernafasan.

sesak nafas pada bayi

Penanganan sesak nafas pada bayi

Ada baiknya sebelum melakukan tindakan pengobatan selidiki penyebab sesak nafas pada bayi anda, karena hal ini akan mempermudah kita dalam memberikan informasi kepada dokter dan juga agar sesak nafas tersebut tidak berulang terjadi pada bayi kita. Bayi akan diberikan obat yang membantu melegakan saluran nafasnya dan membuat bayi nyaman. Akan tetapi hal paling penting adalah bahwa perubahan gaya hidup, artinya menjaga kebersihan di sekitar lingkungan bayi anda agar serangan sesak nafas tidak terulang juga sama pentingnya dengan obat yang diberikan untuk membantu mengurangi sesak nafas yang dialami bayi anda. Jangan menunda untuk mengunjungi dokter anda pada saat bayi anda mengalami sesak nafas dan selalu jaga kebersihan lingkungan di sekitar bayi anda.

Semoga artikel ini bermanfaat.

https://i2.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/09/sesak-nafas-anak.jpg?fit=750%2C420https://i1.wp.com/istanabalita.com/wp-content/uploads/2017/09/sesak-nafas-anak.jpg?resize=150%2C150adminMoms Infoanak sesak nafas,sesak nafas bayiSesak napas pada bayi adalah kondisi dimana bayi/anak mengalami kesulitan bernafas, hal ini bisa terjadi pada orang dewasa, anak-anak bahkan pada bayi. Sesak nafas pada bayi bisa merupakan gejala dari beberapa penyakit yang berbeda bisa penyakit akut ataupun kronis. Kenapa bisa terjadi sesak nafas? Sesak nafas tersebut merupakan hasil dari...Info Kesehatan Bunda dan Balita