Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi

Tumbuh gigi merupakan salah satu fase pertumbuhan bayi, dan pasti bunda menanti waktu bayi tumbuh gigi, karena akan membuat semua bahagia, termasuk bunda. Kapan bayi akan tumbuh gigi? waktu tumbuh gigi pertama tidak selalu sama antara satu bayi dengan bayi yang lain, tetapi biasanya waktu bayi tumbuh gigi yang pertama adalah umur 4 – 6 bulan. Ada beberapa hal yang harus bunda ketahui, yang merupakan beberapa tanda tumbuh gigi pada bayi.

Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi

Ciri Bayi Akan Tumbuh Gigi

Seringnya bayi mengeluarkan air liur, biasanya hal ini terjadi saat bayi berumur 10 minggu, atau 3-4 bulan. Mungkin bunda akan merasa khawatir saat air liur yang keluar dari mulut bayi terlalu banyak dan sering, tetapi boleh jadi, ini adalah tanda tumbuh gigi pada bayi. Karena saat tumbuhnya gigi akan merangsang air liur dan saluran air pada mulut bayi, sehingga bayi akan mengeluarkan air liur yang cukup sering.

Batuk akan sering batuk, ini dikarenakan banyaknya air liur yang keluar. Air liur yang terlalu banyak bisa menyebabkan bayi tersedak, dan bisa menyebabkan bayi batuk atau muntah. Jika bayi batuk tetapi tidak disertai tanda yang lain seperti flu, demam, atau yang lain, maka bunda tidak perlu merasa khawatir.
Bayi akan sering menggigit, hal ini bisa terjadi karena bayi merasa tidak nyaman. Karena gigi yang akan akan keluar melalui gusi biasanya menyebabkan bayi merasa tidak nyaman, sehingga bayi akan selalu ingin menggigit apapun. Bunda tidak perlu risau ketika bayi mulai suka menggigit barang apapun yang ditemukannya, termasuk menggigit puting saat bunda menyusui bayi.

Bayi akan mudah menangis atau rewel, hal ini disebabkan karena saat gigi mulai muncul dan menekan gusi, maka mulut bayi akan terasa sakit. Hal ini jelas akan membuat bayi menjadi mudah menangis atau rewel, dan jangka waktu setiap bayi berbeda-beda, ada yang menangis hanya beberapa jam saja atau bahkan ada yang rewel dalam jangka waktu yang lama.

Bayi akan menolak untuk makan atau minum susu, saat gusi terasa sakit, maka bayi akan terasa tidak nyaman. Sehingga saat anda berusaha menenangkan dengan memberikan botol susu, atau dengan berusaha menyusui bayi, besar kemungkinan bayi akan menolak, karena dapat menambah rasa sakit pada gusi bayi.

Bayi akan merasakan demam rendah, meskipun ini tidak bisa dihubungkan dengan pertumbuhan gigi bayi. Demam rendah bisa saja terjadi saat bayi tumbuh gigi, hal ini dikarenakan saat tumbuh gigi bersamaan dengan sistem kekebalan tubuh bayi menurun. Jika demam belum turun lebih dari 3 hari, bunda harus membawa bayi ke dokter.

Terdapat ruam pada wajah dan dagu bayi, hal ini terjadi karena kulit akan terkena kontaklangsung dengan air liur yang jkeluar dari mulut bayi. Untuk menghindari ruam tersebut, bunda harus mengusap air liur yang keluar dari mulut bayi dengan sapu tangan atau kain yang lembut, sehingga air liur tidak mengering.

Tulisan tanda tumbuh gigi pada bayi diambil dari beberapa sumber, gambar: jungledental

Artikel Lain

Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit yang banyak di temui di Negara kita, bukan hanya pada orang tua, tetapi sering kita lihat juga terjadi pada anak-anak. Ya bunda, anak-anak memang sangat rentan untuk mengalami gigi berlubang, apalagi jika bunda tidak menjaga makanan mereka. Gigi berlubang bisa menyebabkan sakit loh bunda, untuk orang dewasa saja bisa [...]

Diare Pada Anak

Salah satu hal yang menyebabkan bunda khawatir adalah saat anak terserang diare, pasti bunda tidak tega melihat mereka bolak-balik ke kamar mandi. Sebenarnya diare idak terlalu berbahaya, tetapi kalau dibiarkan akan berdampak buruk pada anak bunda. Diare merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan, dimana anak akan mengalami rangsangan untuk buang air besar yang [...]

Mencegah dan Mengobati Batuk Pada Anak

Seperti yang sudah dijelaskan pada jenis batuk anak, batuk merupakan salah satu reflek alami yang dilakukan balita untuk membersihkan saluran pernapasan dari partikel asing, lendir, iritasi, dan yang lain. Jadi bunda jangan terburu-buru memberikan obat kepada anak, karena obat kimia juga memiliki efek samping, apalagi tanpa resep dokter. Seperti pada artikel sebelumnya, ada dua jenis [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Subscribe To Our Blog

Get the latest news from us, on your email!

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Info Anak